twitter
rss

Nama                      : Wiji Nur Hidayati
NISN                      : 995-238-49-44
Kelas                      : XI TKJ A
Mata Pelajaran : Setting Ulang LAN (Local Area Network)
Sekolah                  : SMK NEGERI 8 MALANG
Judul                       :
Apa Sih Server  Jaringan Itu?
Pemberi Tugas       : Darwis Suryantoro
A. WORKSTATION
Workstation dalam ilmu jaringan diartikan sebagai kumpulan dari komputer-komputer yang memiliki kualitas hardware dan software yang tinggi, sehingga mampu melakukan pengolahan data menjadi sebuah informasi. Dimana komputer-komputer tersebut saling bekerja sama untuk membentuk suatu jaringan.
B. SERVER

Seringkali kita mendengar istilah server dalam sebuah jaringan komputer. Apalagi bagi kalian yang sering berkunjung ke WARNET (Warung Internet), pasti acapkali mendengar istilah server. Nah, sebelum saya menjelaskan apa sih server itu?
terlebih dahulu saya akan membahas tentang sebuah JARINGAN KOMPUTER dalam bentuk LAN (Local Area Network).
Pengertian jaringan komputer adalah sekumpulan sistem komputer yang saling terhubung satu sama lain, yang dibentuk untuk dapat berbagi sumber daya (resource), berupa :
1.      1.  Hardware
2.      2. Software
3.      3.  Informasi
4.      4. Alat komunikasi
Sedangkan LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang memiliki pengertian jaringan komputer yang terbentuk dengan sistem komputer yang masih berada dalam area lokal.

Contotnya           :
Jaringan komputer dalam sebuah WARNET, mengapa jaringan komputer tersebut termasuk dalam Local Area Network, hal ini karena LAN adalah kumpulan sistem komputer yang saling terhubung satu sama lain, dengan media KABEL pada umumnya, yang mencangkup area geografis yang sempit. Seperti jaringan komputer pada sebuah warnet yang telah saya sebutkan di atas.
Dari sekian banyak komputer yang ada di warnet itu, hanya membutuhkan 1 printer saja, pemilik warnet tidak perlu memasang printer di setiap komputer dalam warnet tersebut, karena komputer-komputer tersebut sudah tergabung dalam sebuah jaringan komputer, dengan menggunakan media penghubung (transmisi) biasanya kabel UTP. (Inilah contoh jaringan komputer yang saling berbagi hardware).
Sedangkan sebuah warnet harus memiliki software billing untuk menghitung biaya pembayaran pemakaian komputer-komputer tersebut. Software billing ini ada di setiap komputer yang berada di dalam warnet tersebut, yang dikendalikan di komputer operator warnet. Disinilah yang dinamakan server warnet. Di dalam komputer operator tersebut, kita bisa mengetahui berapa jumlah pembayaran internet dari masing-masing komputer. Tetapi, pada komputer yang bukan milik operator, kita hanya bisa melihat biaya pembayaran dari komputer yang sedang kita gunakan tetapi tidak untuk komputer-komputer yang lain.

Terkadang, jika terjadi error pada software billing di wranet tersebut maka PUSAT KENDALINYA berada di komputer operator yang berlaku sebagai sebuah SERVER pada jaringan LAN yang berada di dalam warnet tersebut.

Nah, sampai disini, pasti anda mengetahui PENGERTIAN SERVER secara umum yaitu :

Sebuah komputer yang bertindak sebagai “pelayan” dalam sebuah jaringan komputer. Misalnya sebuah jaringan komputer disusun seperti gambar di bawah ini :



Nah, dari gambar disamping kita bisa mengetahui bahwa komputer yang bertindak sebagai server adalah komputer  A, maka tugas dari komputer A adalah melayani segala kebutuhan yang diperlukan oleh komputer  lain yang berada dalam satu jaringan, seperti halnya komputer  operator dalam warnet yang melayani printing dari komputer-komputer lain yang berada dalam warnet tersebut.
Itulah pengertian umum mengenai server.

Nah, sekarang kita bahas lagi lebih dalam mengenai SERVER!!
Menurut beberapa sumber yang saya baca komputer server memiliki beberapa fungsi khusus dibandingkan dengan komputer lain :

1. Komputer server berfungsi sebagai penghubung komputer client ke sebuah koneksi internet

2. Sebagai tempat penyimpanan data sementara yang dibutuhkan oleh client, oleh karena itu komputer server membutuhkan spesifikasi RAM yang lebih besar. Dilihat dari tugasnya yang lebih berat dari komputer client, komputer server juga membutuhkan sistem operasi khusus seperti, Windows Server 2003,Windows 2000 Server dan lain sebagainya. Di dalam sistem operasi server ini menyediakan beberapa aplikasi bawaan OS yang mendukung kinerja komputer yang dijadikan sebagai server  seperti  DHCP Server, FTP Server, Samba Server, DNS Server, Mail Server dan Proxy Server.

3.Sebagai pengelolah informasi yang dibutuhkan oleh client

4.Sebagai komputer yang memonitoring segala sesuatu yang berhubungan dengan keamanan pada jaringan komputer tersebut.



sumber : http://gpinkom.wordpress.com/2008/08/14/pengertian-umum-istilah-server-dan-workstation
Copyleft SMKN 8 MALANG

0 komentar:

Posting Komentar