twitter
rss



Nama                    : Wiji Nur Hidayati
NISN                    : 995-238-49-44
Kelas                     : XI TKJ A
Mata Pelajaran       : Setting Ulang LAN (Local Area Network)
Sekolah                  : SMK NEGERI 8 MALANG
Judul                      : Cari tahu tentang Media Penghubung Jaringan Yuk !! part 2
Pemberi Tugas       : Darwis Suryantoro
C. What is SWITCH?? 
Switch pada dasarnya hampir sama dengan hub, switch juga merupakan hardware jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer yang satu dengan komputer yang lain. Hanya saja switch juga bisa berperan sebagai penguat sinyal, sama halnya seperti hub active. Hanya saja cara kerja HUB dan switch yang berbeda.
Lalu apa bedanya Switch dan Hub?
Jika hub mengirimkan paket data yang dikirim ke semua komputer yang terhubung pada hub tersebut, maka lain halnya dengan switch. Switch akan menyimpan alamat MAC address NIC dari komputer-komputer yang terhubung dengan swtich tersebut. Jika sebuah komputer melakukan pengiriman data ke komputer lain dalam jaringan tersebut, maka switch akan mengirimkan bit-bit paket data tersebut hanya pada komputer yang dituju. Karena itulah switch disebut juga sebagai hub pintar yang mampu mendeteksi kemana paket data harus dikirimkan. Disinilah letak perbedaanhub dan switch. Jika anda bertanya bagaimana perbedaan secara fisiknya, sulit untuk ditemukan, kata guru pembimbing saya "Kalau kalian mau tau perbedaan switch dan hub secara fisiknya, hanya ada satu cara, yaitu melihat keterangan tertulis pada keduanya, barulah kalian akan mengerti mana yang switch mana yang hub" #hehe. satu lagi, yang membedakan switch dan hub yaitu, switch mampu bekerja secara full duplex (komunikasi dua arah yang memungkinkan traffic data secara serentak), sedangkan hub bekerja hanya half duplex (komunikasi dua arah yang memungkinkan traffic data secara bergantian). Selain itu switch juga bekerja pada layer ke 2 dari model OSI, yaitu layer data link, karena switch mampu berperan sebagai bridge, yang menjembatani semua device yang terhubung dalam jaringan komputer pada setiap port switch. Selain itu device yang terhubung dalam switch akan bersifat mandiri.
Sedangkan hub, bekerja pada layer 1 model OSI yaitu Physical, karena hub hanya menyebarkan sinyal yang ditangkap oleh setiap port yang terhubung dengan hub.Ya itulah yang saya tahu mengenai perbedaan hub dan switch.
Tabel dibawah ini adalah sebuah percobaan pengiriman data yang berupa video sebesar 66MB yang dikirimkan dari sebuah komputer ke FTP server dengan menggunakan software cuteFTP, inilah hasil dari percobaan tersebut :

Pantas saja kalau saat ini switch lebih membanjir dibandingkan dengan hub, dilihat dari tabel di atas pada tingkat kecepatan saja switch sudah menjadi pemenang, karena kecepatannya yang lebih dari hub, hal ini disebabkan karena cara kerja switch yang berbeda dengan hub. Cara kerja switch yang simpel tersebut (mengirimkan data hanya pada komputer yang dituju) membuat traffic data dalam jaringan tersebut tidak padat, sehingga tidak mengakibatkan tabrakan data. Sehingga bandwidth yang digunakan penuh, tidak terbagi bagi untuk mengirimkan paket yang tidak perlu pada komputer lain.
Ya sampai disinilah pengetahuan saya tentang perbedaan hub dan switch.
Sekarang saya mau berbagi ilmu tentang bagaimana mengetahui keadaan switch yang baik dilihat dari tampilan secara fisiknya.
Kita tengok dulu yuk switch yang ada di bawah ini
Naaah dari gambar switch (tampak depan) ini kita tahu kalau switch memiliki lampu sendiri-sendiri di tiap portnya, kalau pada switch yang menurut gambar, ada 9 lampu, 1 lampu power, dan yang 8 adalah SYSTEM LED nya tiap port. Biasanya, Led ini memiliki 3 warna, yaitu :
1. Ketika switch dinyalakan maka lampu power otomatis akan menyala.
2. Kemudian, system LED pada masing-masing port akan berwarna orange atau kuning, yang menunjukkan komputer sedang melakukan loading memasuki jaringan
3. Kemudian ketika system LED pada masing-masing, port berhasil terhubung dengan jaringan, maka lampu pada masing-masing port akan berwarna hijau. Ketika salah satu komputer dalam jaringan melakukan traffic data, maka lampu yang hijau tersebut akan berubah menjadi hijau berkedip-kedip.

Itulah keadaan normal sebuah switch,yang saya ketahui =)

D. Repeater
Dilihat dari arti katanya rpeater berarti pengulangan, nah kalau dalam jaringan komputer apa ya repeater itu?
Ini dia, repeater adalah sebuah hardware jaringan yang digunakan untuk mengulang kembali dan memperkuat  sinyal digital data yang masuk dalam repeater sehingga pengiriman data antarkomputer yang jaraknya cukup jauh bisa sampai ke komputer yang dituju. Karena pada saat data dikirim, data tersebut mengalami pelemahan sinyal-sinyal digitalnya karena data yang dikirm dari komputer asal mengalami perubahan-perubahan tertentu pada saat data ditransmisi.



Sumber: http://smk-kp.blogspot.com/2011/05/pengertian-repeater.html
Copyleft SMK N 8 Malang

0 komentar:

Posting Komentar