twitter
rss

Nama                     : Wiji Nur Hidayati
NISN                     : 995-238-49-44
Kelas                      : XI TKJ A
Mata Pelajaran : Setting Ulang LAN (Local Area Network)
Sekolah                  : SMK NEGERI 8 MALANG
Judul                      :Cari tahu tentang Media Penghubung Jaringan Yuk !! part 1
Pemberi Tugas       : Darwis Suryantoro


A. HUB
Hub merupakan hardware jaringan yang berfungsi sebagai penghubung beberapa komputer agar membentuk sebuah jaringan secara sederhana, agar dapat melakukan lalu lintas data (pengiriman dan  penerimaan data) antarkomputer yang ada dalam satu jaringan tersebut. 



Cara Kerja HUB
Heeemb... cara kerja hub kalau menurutku sih lebih ribet. Karena begini...

Data yang akan dikirmkan ke komputer lain, terlebih dahulu diubah kedalam bentuk bit oleh NIC, setelah itu paket data akan dikirimkan melalui sistem pengkabelan dari jaringan komputer tersebut. Ketika data telah sampai pada hub, maka paket data akan dikirimkan ke seluruh komputer yang terhubung dengan hub tersebut (kecuali komputer yang mengirimkan data), meskipun bukan merukapan komputer yang dituju oleh komputer yang bertindak sebagai PENGIRIM data. Tetapi pada akhirnya hanya komputer yang dituju saja yang dapat memproses paket data tersebut.Hal inilah yang saya maksudkan dengan keribetan hub. Selain menyebabkan tabrakan data dalam jaringannya, cara kerja hub juga tidak praktis.
Pada dasarnya hub dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Hub Passive
    Hub ini hanya berfungsi sebagai penghubung antara komputer yang satu dengan komputer yang lain dalam sebuah jaringan, serta memisahkan sinyal paket data yang masuk dan menyebarkannya ke seluruh komputer
  2. Hub Active
    Sedangkan hub aktif, yang sering disebut juga hub repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dalam jaringan
B. NIC (Nterwork Interface Card)
Apa sih NIC itu??
NIC adalah kependekan dari Network Interface Card
Dilihat dari susunan katanya, NIC berarti :
1. Network yang berarti jaringan
2. Interface yang berarti penghubung
3. Card yang berarti kartu
Kesimpulannya NIC adalah kartu yang berfungsi sebagai penghubung jaringan
*Itu kalau pengertiannya diambil secara pengertian bahasa
Kalau pengertian secara ilmu komunikasi jaringan,NIC adalah sebuah hardware yang berfungsi sebagai penghubung sebuah PC ke dalam jaringan komputer. Selain fungsi di atas NIC juga memiliki beberapa fungsi yang lain, diantaranya :
  1. Mengirimkan paket data yang dikirim melalui jaringan komputer, sebelum melakukan pengiriman paket data dari komputer,  informasi yang akan dikirim ke komputer lain terlebih dahulu diubah ke dalam bentuk bit-bit biner agar dapat dikirimkan ke jaringan komputer melalui media kabel.
  2. Menerima paket data dari komputer lain, sama halnya seperti melakukan pengiriman paket data, pada saat komputer kita menerima sebuah data dari komputer lain, NIC menerjemahkan bit-bit biner data menjadi sebuah data yang utuh kembali, sehingga data tersebut dapat kita mengerti.
  3. Tugas NIC yang terakhir adalah mengendalikan aliran data yang dikirim dan diterima oleh komputer.

 


Cara Kerja NIC
Berikut ini akan saya jelaskan mengenai cara kerja NIC :
Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa data yang akan dikirimkan dari komputer ke dalam jaringan akan diubah menjadi bentuk bit oleh NIC, setelah data diubah ke dalam bentuk bit, maka sistem pengkabelan pada suatu jaringan komputer akan mengirimkan data tersebut kepada komputer yang dituju. Perlu diketahui juga bahwa setiap NIC yang ada pada komputer memiliki alamat jaringan yang unik, terdiri dari 12 digit kode, yang dinamakan MAC Address. MAC merupakan singkatan dari Media Access Control, dimana MAC address ini berfungsi untuk memonitoring data yang dikirim dan diterima oleh NIC, agar tidak terjadi collision atau tabrakan data.
Misalnya, komputer A akan mengirimkan data ke komputer B, maka MAC Address akan melihat apakah komputer B sedang melakukan pengiriman atau penerimaan data dari komputer lain. Jika komputer B sedang menerima atau mengirim data dengan komputer lain, maka MAC address pada NIC komputer A akan menunggu komputer B yang sedang melakukan pengiriman data dengan komputer lain, agar tidak terjadi tabrakan data antara data dari komputer A dengan data yang dikirimkan komputer lain pada tujuan yang sama yaitu komputer B. Setelah komputer B tidak sedang melakukan pengiriman atau penerimaan data. Maka proses pengiriman data dari komputer A yang tadinya tertunda, akan dikirimkan kembali oleh NIC ke tujuannya.
Metode seperti diatas dinamakan CSMA/CD (Carrier Sence Multiple Access/ Collison Detection)

Berdasarkan metode perpindahan datanya, NIC menggunakan 2 metode, yaitu : 
  1. Metode Half Duplex
    Yaitu metode perpindahan data dua arah yang memungkinkan mengirim atau menerima data secara bergantian, jika pengiriman dan penerimaan data dilakukan secara bersamaan maka belum tentu paket data akan diterima dengan baik oleh komputer secara keseluruhan. 
  2. Metode Full Duplex
    Metode ini merupakan metode perpindahan data dua arah dimana NIC dapat melakukan pengiriman serta penerimaan data bersamaan, tetapi harus dengan melakukan pengaturan tertentu.




    Sumber : http://www.scribd.com/doc/3344736/FUNGSI-HUB-DAN-SWITCH-HUB-TUGAS
    Copyleft SMK N 8 MALANG

0 komentar:

Posting Komentar